PEMASARAN
a.
Pengertian
Pemasaran Langsung
Pemasaran
adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi,
serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang
memenuhi sasaran individu dan organisasi (American Marketing Association).
Sehingga
Pemasaran langsung adalah hubungan langsung dengan konsumen individual yang
ditargetkan secara hati-hati untuk meraih respon segera dan mencapai hubungan
pelanggan yang abadi.
b.
Model Baru Pemasaran Langsung
Pemasar
langsung awal perusahaan katalog, surat langsung, dan telemarketer mengumpulkan
nama pelanggan dan menjual barang berutama lewat surat dan telepon. Meskipun
demikian, saat ini didorong oleh kemajuan pesat dalam teknologi database dan
media pemasaran baru terutama Internet, pemasaran langsung telah mengalami
perubahan dramatis. Menurut Kepala Direct Marketing Association, Dalam
tahun-tahun terakhir, pertumbuhan dramatis Internet dan peningkatan teknologi
database canggih telah menciptakan ekspansi pemasaran langsung yang luar biasa
serta perubahan besar tentang arti pemasaran langsung, cara penggunaannya, dan
siapa yang menggunakannya.
FAKTA
a. Pertumbuhan dan Manfaat Pemasaran
Langsung
Pemasaran
langsung telah menjadi bentuk pemasaran yang berkembang paling pesat. Menurut
Direct Marketing Association, perusahaan AS membelanjakan $161 miliar untuk
pemasaran langsung tahun lalu, memasuki sekitar 48 persen total belanja iklan
AS. Pengeluaran ini menghasilkan sekitar $1,85 triliun penjualan pemasaran
langsung, atau sekitar 7 persen total penjualan dalam ekonomi AS. Dan penjualan
yang digerakkan pemasaran langsung tumbuh pesat. DMA memperkirakan bahwa
penjualan pemasaran langsung akan tumbuh 6,4 persen setiap tahun pada tahun
2009, dibandingkan dengan proyeksi 4,8 persen pertumbuhan tahunan untuk total
penjualan AS.
b. Manfaat Bagi Pembeli
Bagi
pembeli, pemasaran langsung bersifat menyenangkan, mudah, dan pribadi. Pemasar
langsung tidak pernah berada di dekat pintu rumah mereka, dan pelanggan tidak
perlu berjuang menembus lalu lintas, menemukan tempat parkir, dan berjalan ke
toko untuk mencari produk. Model baru pemasaran langsung adalah perusahaan
seperti GEICO membangun seluruh pendekatan mereka terhadap pasar melalui
pemasaran langsung: kunjungi geico.com atau hubungi 1-800-947-auto.
c.
Database Pelanggan dan Pemasaran Langsung
Database
pelanggan adalah kumpulan data komprehensif terorganisasi tentang pelanggan
individual atau prospek, meliputi data geografis, demografis, psikografis, dan
perilaku. Pemasaran langsung yang efektif dimulai dengan database pelanggan
yang baik. Database pelanggan (customer database) adalah kumpulan data
komprehensif terorganisasi tentang pelanggan individual atau prospek, meliputi
data geografis, demografis, psikografis, dan perilaku. Database pelanggan yang
baik bisa menjadi alat membangun hubungan yang potensial. Database memberikan
kilasan cara pandang dan perilaku pelanggan kepada perusahaan. Kata seorang
ahli “Sebuah perusahaan hanyalah sebaik yang mereka tahu (tentang
pelanggannya)”.
d.
Bentuk Pemasaran Langsung
Bentuk utama pemasaran langsung meliputi :
1.
penjualan personal
2.
pemasaran pengemasan langsung
3.
pemasaran katalog, pemasaran telepon
4.
pemasaran televisi respons langsung
5.
pemasaran kios, teknologi pemasaran
langsung digital baru
Sehingga pemasaran langsung untuk budidaya
tanaman pangan guna meningkatkan kapasitas
penjualan dari produk tanaman pangan terdapat beberapa media yang dapat digunakan, tentu
disesuaikan dengan kapasitas produksi yang sudah dibuat:
penjualan dari produk tanaman pangan terdapat beberapa media yang dapat digunakan, tentu
disesuaikan dengan kapasitas produksi yang sudah dibuat:
a) tahap pertama dimulai dengan yang kecil,
kenalkan lidah buaya teman dekat, teman sekolah,
tetangga disekitar atau teman bermain.
tetangga disekitar atau teman bermain.
b)
Bila produk mulai bisa diterima dan banyak
penggemar, mulailah merambah pasar baru dengan
menitipkannya di warung, di toko, atau dikantinsekolah
menitipkannya di warung, di toko, atau dikantinsekolah
c)
Manfaatkanlah teknologi internet dan
social network seperti instagram facebook atau media
sosial lainnya untuk memperluas pemasaran
sosial lainnya untuk memperluas pemasaran
d)
Gunakanlah penjualan yang kreatif yang
hanya sedikit orang yang menjalaninya. Sebagai contoh
bisa memanfaatkan munculnya fenomena “pasar kaget” di tiap kota atau pada saat momen “car
free day”
bisa memanfaatkan munculnya fenomena “pasar kaget” di tiap kota atau pada saat momen “car
free day”
Pasar
Menurut
pengertian umum, pasar adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran
barang/jasa. Pasar dalam arti sempit adalah tempat bertemunya penjual dan
pembeli untuk mengeadakan transaksi jual-beli barang dan jasa. Namun seiring
dengan kemajuan zaman dan teknologi yang menyebabkan transaksi dapat dilakukan
tanpa mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung, maka muncul pengertian
pasar dalam arti luas, yaitu proses interaksi penjual dan pembeli untuk
mencapai harga pasar.
Strategi pemasaran (analisis 4P)
1)
Product (produk)
Kualitas produk yang mampu memuaskan keinginan konsumen
serta kuantitas yang mampu memenuhi kebutuhan pasar
2)
Price (harga)
Mempertimbangkan harga pokok produksi dan melakukan
perbandingan harga dengan produk sejenis atau serumpun
3)
Place (tempat)
Lokasi penjualan sebaiknya mempunyai nilai tambah dan
memiliki fasilitas yang memuaskan konsumen serta mudah dijangkau oleh para
pembeli
4)
Promotion (promosi)
Melakukan
promosi pasar
sebagai sarana promosi artinya pasar menjadi tempat
memperkenalkan
dan menginformasikan suatu barang dan jasa tentang manfaat, keunggulan, dan
kekhasannya pada konsumen. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara antara
lain, memasang spanduk, menyebarkan brosur, pameran, dan sebagainya. Banyaknya
cara promosi yang dilakukan oleh produsen, membuat konsumen lebih selektif
dalam memilih barang yang akan dibeli. Biasanya produsen yang menawarkan barang
dengan harga murah dan kualitasnya bagus akan menjadi pilihan konsumen.
Pesaing Usaha
Persaingan
atau kompetisi adalah bersaingnya para penjual yang sama-sama berusaha
mendapatkan keuntungan, pangsa pasar, dan jumlah penjualan. Para penjual
biasanya berusaha mengungguli persaingan dengan membedakan harga, produk,
distribusi dan promosi. Menurut adam Smith bahwa persaingan akan mendorong
alokasi faktor produksi kearah penggunaan yang paling bernilai tinggi dan
efisien. Suatu usaha dikatakan berinovasi dan berkreasi jika mampu menjadikan
produk tersebut: make it better, make it special produk, make it first, nake it
modification, clonning and subtitute.
Pengenalan Analisis SWOT
Dalam
merintis usaha seorang wirausaha
melakukan analisis SWOT
1.
Strenghts
Factor
yang dapat dikategorikan kedalam”
kekuatan” antara lain :
a.
Modal yang cukup besar
b.
Manajemen yang professional dan berwibawa
c.
Memiliki kantor dan jaringan yang cukup
besar
d.
Jumlah staf/personil cukup banyak
e.
Kemampuan personal pendidikan dan
pegalaman relative baik
f.
Dedikasi personal terhadap tugasnya
relative tinggi
g.
Sarana yang dimiliki cukup lengkap
h.
Staf yang memiliki insiatif, kreatif,
inovatif dan produktif
2.
Weakness
Factor
yang tergolong “ kelemahan “ merupakan kekurangan yang sifatnya kebalikan dari strengths.
3.
Opportunities ( kesempatan / peluang )
a.
Peraturan pemerintah yang menunjang
b.
Fasilitas atau hak yang diberikan (
memperoleh kemudahan izin
c.
Lingkungan tempat usaha yang memberi
kesempatan /mendukung
d.
Dukungan dari Dewan Pengembang Usaha Nasional
Dukungan dari Dewan Pengembang Usaha Nasional
e.
Restrukrisasi penguasaan asset ekonomi
f.
System ekonomi yang mendukung
4.
Threties ( ancaman )
a.
Peraturan pemerintah yang belum jelas
b.
Pengurusan ijin yang terlalu birokratis
c.
Kurangnya dukungan dari DPUN
d.
Kerugian yang cukup besar
e.
Lingkungan yang kurang memberi kesempatan
f.
Situasi pasar lesu
terimakasih, sangat mebantu untuk tugas sayaaa:)
BalasHapusMantap slurr
BalasHapusMANTAP MANTAP.
BalasHapusthank you, sangat bermanfaat
BalasHapusPermainan Poker Paling Seru Bersama Winning303...
BalasHapusMenghadirkan IG poker...
Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
1. Texas Poker
2. Omaha Poker
3. Domino QQ
4. Ceme Keliling
5. Bandar Ceme
6. Capsa Susun
7. Bandar Capsa
8. BIG 2
Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303
Dapatkan juga berbagai macam Bonus menarik dalam bermain Poker bersama kami.
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA: +6287785425244
Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.
BalasHapusWaktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.
Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662